Asal Muasal Zodiak


tentang zodiak:
(Pesan Penulis: mohon dibaca sampai selesai :D)

Kalo mau backtrack langsung kunjungi situsnya:
http://deking.wordpress.com/2007/08/15/zodiak-astrologi-atau-astronomi-hanya-suatu-prequel/

Sy copy paste di:

http://ferdi-ferdian.blogspot.com/
Sy rasa penjelasan ini cukup ilmiah dan paling tidak memberikan pengetahuan bagi kita tentang asal usul zodiak.
Selamat Menyantap

----------

Begin: First Chapter

[Catatan awal: tulisan ini tentang western zodiac (yang lebih mengacu pada tropical zodiac a.k.a sidereal zodiac) yang masih belum memasukkan Ophiucus dalam daftar zodiak.]

Saya yakin teman-teman sudah kenal apa yang namanya zodiak. Kita semua pasti memiliki yang namanya zodiak, terlepas kita peduli atau tidak dengan yang namanya zodiak. Zodiak sangat berkaitan erat dengan tanggal lahir seseorang karena zodiak ditetapkan berdasarkan tanggal lahir kita. Apakah zodiak mempengaruhi karakter seseorang? Wah maaf sekali saya bukanlah seorang dukun ataupun pakar strologi jadi saya tidak bisa menjawab pertanyaan tsb. Yang akan saya bahas hanyalah hubungan tanggal lahir seseorang dengan zodiak yang dimiliki (secara matematika astronomi)? Kenapa orang yang lahir tanggal 16 Juli bisa memiliki zodiak Cancer?

Sebenarnya zodiak tidak hanya termasuk dalam ranah astrologi saja tetapi zodiak juga termasuk dalam ranah astronomi, hal ini tergantung bagaimana kita memandang zodiak tsb. Tetapi banyak orang yang beranggapan kalau kita membicarakan zodiak maka berarti kita telah memasuki ranah astrologi. Secara singkat saya cantumkan definisi astrologi dan astronomi yang saya ambil dari wikipedia.

Pertama mari kita lihat definisi astrologi dan astronomi:

1.

Astrologi: ilmu yang menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari.

Atau secara singkatnya astrologi adalah ilmu yang mengasumsikan bahwa takdir manusia dapat dikaitkan dengan letak benda-benda astronomis di langit
2.

Astronomi: ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.

Definisi astrologi dan astronomi tsb saya ambil mentah-mentah dari wikipedia.

Sekarang kita kembali ke masalah zodiak, apakah zodiak tsb? Zodiak sebenarnya merujuk pada konstelasi (gugus bintang) yang ada di angkasa. Tetapi saya tidak akan berbagi secara detail tentang apa definisi zodiak. Sesuai judul tulisan ini “Kenapa kita memiliki zodiak?” maka saya akan berbagi bagaimana sebenarnya hubungan antara tanggal lahir dengan zodiak yang bersesuaian?

Seperti sudah saya sebutkan bahwa zodiak merujuk pada gugus bintang di langit, pembagian gugus bintang di langit ini dilakukan sepanjang eliptik *(”lintasan” semu matahari) dan pembagian dimulai dari vernal equinox (perpotongan antara ekliptik dan garis khatulistiwa bola langit). Oleh ilmuwan jaman Babilonia lingkaran eliptik dibagi menjadi 12 wilayah ** dengan ukuran sama, yaitu:

1. Aries: 0^o \le \lambda < lambda =" 0^o)." 986o =" 115,362o">

2 comments:

leona said...

what makes u suddenly wrote about zodiac? because of leo+na? ikikikik

Anonymous said...

Koq gak lengkap infona???

Mang ada pengaruh ya Zodiak ama kehidupan???

Perasaan biasa aja tuh...

hehehehehe

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com